BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Dewasa ini perkembangan dan kemajuan teknologi informasi dan
komunikasi telah berkembang dengan sangat pesat. Berbagai kemudahan memperoleh
informasi dari berbagai penjuru dunia dapat kita nikmati dalam hitungan detik. Pada
zaman dahulu teknologi informasi dan komunikasi dapat diperoleh melalui media
cetak yang menggunakan kertas sebagai bahan utama untuk pembuatnya, kini dengan
teknologi yang sudah berkembang seperti sekarang ini kita dapat memperoleh
informasi dan komunikasi dengan mudah dan cepat.
Perkembangan Teknologi dan Informasi yang maju pesat beberapa tahun
belakangan ini memberikan hal-hal yang baru dalam dunia IT. Salah satu bidang yang
maju pesat pada saat ini adalah bidang Jaringan. Seiring perkembangannya,
bidang jaringan ini sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat modern, dimana
jaringan komputer saat ini banyak dipakai oleh instansi - instansi, baik
instansi kecil maupun besar yang berbasiskan Teknologi Informasi.
Jaringan komputer pada dasarnya merupakan hubungan antara komputer
satu dengan komputer lainnya di dalam sebuah gedung sehingga dapat saling
berkomunikasi. PT. Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) merupakan salah satu
instansi yang menggunakan Teknologi Informasi sebagai solusi untuk mempermudah dalam
melaksanakan pekerjaannya.
Dalam beberapa tahun belakangan ini, PT. Asuransi Jasa Indonesia
(Jasindo) telah mengembangkan aplikasi Online yang dapat membantu pekerjaan
untuk melaporkan operasional perusahaan cabang kepada kantor pusat yang berada
di Jakarta. Aplikasi ini dilengkapi berbagai fitur sesuai dengan divisi-divisi
yang ada pada PT. Asuransi Jasa Indonesia (jasindo), seperti bagian pemasaran,
bagian keuangan, bagian teknis, bagian klaim, dan bagian keuangan. Aplikasi
tersebut bernama StarJasindo
Berdasarkan uraian
tersebut maka penulis
tertarik untuk mengetahui lebih
dalam mengenai “IMPLEMENASI PELAPORAN CASH BUDGET BULANAN MELALUI APLIKASI
STARJASINDO”.
1.2.
Tujuan dan
Manfaat Laporan
Tujuan dari Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini adalah sebagai berikut
:
1.
Untuk
mengetahui sistem pelaporan cash budget pada PT Asuransi Jasa Indonesia
(Persero) Kantor Cabang Semarang.
2.
Untuk
mengetahui fungsi-fungsi yang terkait dalam sistem pelaporan cash budget pada
PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) Kantor Cabang Semarang.
3.
Untuk
mengetahui bagaimana cara unit keuangan di PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero)
Kantor Cabang Semarang dalam melaksanakan sistem pelaporan cash budget.
4.
Untuk
mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi dalam sistem pencatatan penerimaan
premi asuransi pada PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) Kantor Cabang Bandung
Ritel?
Manfaat dari Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini adalah sebagai
berikut :
1.
Bagi Mahasiswa
a. Untuk memenuhi syarat kelulusan mata kuliah Praktek Kerja Lapangan
(PKL) Jurusan Manajemen Universitas Negeri Semarang.
b. Untuk perbandingan antara ilmu yang diterima dalam perkuliahan
dengan praktek kerja lapangan sebenarnya.
c. Untuk memberikan gambaran dunia kerja secara langsung.
2.
Bagi Perusahaan
a. Sebagai informasi yang berguna dan masukan yang sifatnya membangun
bagi manajemen perusahaan dalam pengambilan keputusan.
b. Sebagai bahan penilaian kinerja perusahaan yang bersangkutan guna memberikan
efektivitas tambahan kinerja yang lebih baik dikemudian hari.
3.
Bagi Universitas
Negeri Semarang
a. Pelaksanaan praktek kerja lapangan ini diharapkan meningkatkan mutu
dan memberikan masukan tentang keterampilan yang diperlukan dunia kerja saat
ini.
b. Sebagai bahan acuan dalam penyusunan laporan akhir dimasa yang akan
datang khususnya bagi mahasiswa tahun berikutnya.
1.3.
Tempat
Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL)
Adapun
pelaksanaan kegiatan Praktek Kerja Lapangan ini dilaksanakan di PT. Asuransi
Jasa Indonesia (Jasindo),
Jl. Sultan
Agung no.110, Candi
Baru, Semarang
50232, Telp. (024) 8412202, Fax. 8315155.
Waktu pelaksanaan PKL mulai tanggal 4 Agustus – 29 Agustus 2014 dengan hari dan
jam kerja Senin – Jumat 08.00 WIB – 16.00 WIB. Rincian kegiatan PKL sampai
pelaksanaannya sebagai berikut :
NO.
|
NAMA KEGIATAN
|
WAKTU
|
1.
|
Penerimaan Surat Kesediaan PKL
|
2014
|
2.
|
Pembekalan PKL FE UNNES
|
15 Juli 2014
|
3.
|
Pelaksanaan PKL
|
4 Agustus – 29
Agustus 2014
|
4.
|
Pelaksanaan Ujian PKL
|
2014
|
1.4.
Pengumpulan
Data
1.
Metode Observasi
Merupakan teknik
pengumpulan data yang digunakan penulis dengan melakukan penelitian dan
penelahaan terhadap dokumen-dokumen yang terkait dengan kepegawaian dalam hal
pendistribusian kartu pensiun dan pesangon.
2.
Metode
Wawancara
Merupakan teknik
pengumpulan data dengan cara menanyakan langsung dengan beberapa pihak yang
dapat memberikan informasi dari PT. Asuransi Jasa Indonesia (Persero).
3.
Dokumentasi
Teknik pengumpulan data
dengan cara mencari data atau variabel terkait kelengkapan data yang dibutuhkan
melalui situs resmi PT. Asuransi
Jasa Indonesia (persero), buku, jurnal maupun literature lain yang
mendukung.
1.5.
Sistematika
Penulisan Laporan
Dalam
penulisan laporan Praktek Kerja Lapangan ini, diuraikan bab demi bab sesuai kajiannya.
Dapat diuraikan sebagai berikut :
1.
Bagian Awal
Bagian ini terdiri dari
Sampul, Judul, Halaman Pengesahan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Table, Daftar Gambar, dan Daftar Lampiran.
2. Bagian
Isi
a. Bab
I : Pendahuluan
Menguraikan tentang latar
belakang penulisan laporan, tujuan dan kegunaan PKL, tempat dan waktu
pelaksanaan PKL, metode pengumpulan data dan sistematika penulisan laporan.
b. Bab
II : Paparan Laporan
Berisi tentang PT. Asuransi
Jasa Indonesia (Persero) yang
meliputi Sejarah Singkat, Visi dan Misi, Mitra Usaha, Jenis Produk Asuransi, Struktur
Organisasi. Selanjutnya
akan membahas tentang uraian pekerjaan yang dilaksanakan penulis selama
melaksanakan PKL berlangsung yaitu untuk mengetahui tentang pelaporan cash
budget bulanan melalui Aplikasi StarJasindo.
c. Bab
III : Penutup
Mencakup kesimpulan dan
saran.
3.
Bagian Akhir
Bagian ini
berisi daftar pustaka dan lampiran.
0 komentar:
Post a Comment